Misi Program

Mewujudkan Program Studi Manajemen Jenjang Magister sebagai pusat unggulan dalam pengembangan sumber daya manusia yang berbasis manajemen syariah yang memegang teguh nilai-nilai keislaman yang disesuaikan dengan tuntutan zaman dengan memiliki kualitas tinggi

Kamis, 16 Agustus 2012

HMJ Pascasarjana UNIBA Selenggarakan Diskusi Reklame


Himpunan Mahasiswa Jurusan Program Pascasarjana UNIBA Surakarta menyelenggarakan diskusi panel bertema “Menata Reklame Menuju Kotaku Indah” Kegiatan yang diselengarakan pada 27 Juli 2012 tersebut cukup mendapat perhatian dari audiens.

Menurut Ketua Panitia MH. Qoyim, diskusi panel yang menghadirkan nara sumber Ginda Ferachtriawan, SE (ASPPRO Surakarta), Pramono Hadi, SP, M.Si (Ketua LP3M UNIBA Surakarta), Andwi Joko Mulyanto (Direktur Eksekutif PATTIRO Surakarta) merupakan bagian program pengembangan keilmuan bagi mahasiswa Pascasarjana dan S-1 terhadap keberadaan reklame di kota Solo khususnya dan di kota kota lain pada umumnya. ” Reklame kota merupakan sebagian dari input yang bisa mendatangkan PAD Pemkot namun keberadaannya harus tetap ditata dan diatur agar tidak merugikan masyarakat” ujar MH Qoyim.


Ginda Ferachtriawan, SE dari Assosiasi Perusahaan dan Praktisi Periklanan Solo (ASPPRO) menyoroti banyaknya reklame khususnya spanduk di kota Solo yang masih saling menutupi antara satu produk dengan produk lain. ”Jika satu panggung spanduk yang berkapasitas 4 spanduk mestinya ya ketika ada yang mau pasang dipending dulu, agar enak dilihat”, tandas Ginda. Ini diperlukan sinergi antara biro iklan dan pihak pemkot agar lebih terkoordinir. ”Jika spanduk tertata, pihak produsen pun akan puas.”

Sementara Pramono Hadi, SP M.Si lebih menyoroti pada konten reklame yang sering tidak tepat sasaran. ”Visual iklan yang bias apresiasi, akan berakibat kurang bagus bagi masyarakat, khususnya anak-anak dan remaja. Oleh karena itu pengiklan harus benar benar cerdas, dan hati-hati dalam membuat kalimat dan visual iklan,” tutur Ketua LP3M UNIBA Surakarta.

Kendati Reklame merupakan item yang bisa mendatangkan PAD bagi pemkot tetapi ternyata kontribusinya masih lebih kecil bila dibanding dengan pajak hiburan dan hotel. Hal ini diakui oleh Andwi Joko Mulyanto Direktur Eksekutif Pattiro. ”berdasarkan data kami masih dibawah dari pajak hotel, restoran dan hotel,”  Namun jika dioptimalkan, pria energik ini khawatir Solo akan menjadi kota Hutan Reklame. ”Maka kami mengusulkan agar ada lembaga kontrol,” ujarnya.

Melalui kegiatan tersebut juga disampaikan paparan laporan dan implementasi kegiatan HMJ Pascasarjana UNIBA Surakarta oleh Ketua HMJ Saudara M. Tunahar, M.Si, sebagai bentuk pertanggungjawaban pengurus kepada anggota dan kampus, acara juga dilanjutkan dengan acara buka bersama dan  pembentukan pengurus HMJ PPs UNIBA Surakarta periode tahun 2012/2013.  

Hadir pada diskusi ini Direktur dan Sekretaris Pascasarjana UNIBA beserta jajaran, Pembantu Rektor I dan III UNIBA, Pengurus HMJ Pascasarjaan, anggota ASPPRO, Perwakilan Komisi III DPRD Solo, Pimpinan Perusahaan SOLOPOS, media massa, dosen UNIBA, tamu undangan serta para mahasiswa S1 dan S2 pemerhati reklame. (MQ/UNIBA News)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar